Sunday, 13 April 2014

Laporan PSG

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang tak henti hentinya yang melimpahkan rahmat kepadakami semua sehingga kami dapat melaksanakan serta menyelesaikan laporan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan baik dan lancar.
Kami menyadari dalam pembuatan laporan ini masih banyak kekurangan yang ada, namun kami berupaya menyusun berdasarkan pengalaman selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di kantor Kecamatan Mantup dengan tujuan untuk meningkatakan pengetahuan dan sebagai persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah & Ujian Akhir Nasional (UAS & UAN).
Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini, yaitu Kepada :
11. BUDI ARDJONO M.Pd. selaku Kepala SMK Ma’arif NU Mantup Lamongan.
22. NUR KHASAN, S.Pd.MM Selaku Ketua Kompetensi Keahlian  (APK) ADM. PERKANTORAN  di SMK MA’ARIF NU MANTUP.
33. MASHERU,SE S.Pd.I selaku pembimbing Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
44. RADIONO,SH.MM selaku Pimpinan Instansi.
55. SUMA’UN S.Pd Selaku pembimbing Instansi.
66. Bapak ibu guru yang telah membantu dan memberikan dukunganya.
77. Kedua orang tua yang telah memberi dorongan dan semangat untuk dapat menjalankan kegiatan ini dengan baik.
88. Semua pihak yang tidak dapat di sebutkan satu per satu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi. 
     
     Dalam ini kami menyadari bahwa terdapat kekurangan dan kekhilafan. Oleh sebab itu, mohon kiranya dimaklumi dan kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini. Mudah-mudahan laporan yang kami buat ini dapat berguna bagi para pembacanya.
                                                                                        Mantup,                     2014
                                                                                                     Penyusun


                                                                                               ZULISETYARINI
                                                                                                                                                                      
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.................................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................................... ii
MOTO.................................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iv
DAFTAR ISI........................................................................................................... v
BABI PENDAHULUAN
1.1      Latar Belakang............................................................................... 1
1.2      Maksud dan Tujuan................................................................... .... 2
1.2.1     Maksud............................................................................... 2
1.2.2     Tujuan................................................................................ 3
1.2.3     Waktu Dan Tempat Pelaksanaan..................................... 3
BAB  II URAIAN UMUM
2.1      Profil Kecamatan Mantup.............................................................. 4
2.2      Struktur Organisasi....................................................................... 5
BAB III LAPORAN KEGIATAN PSG
3.1      Jurnal Kegiatan.............................................................................. 6
3.2      Jurnal Monitoring Kegiatan PSG.................................................... 21
BAB IV PENUTUP
4.1 ... Kesimpulan.................................................................................... 22
4.2 ... Saran............................................................................................. 23
LAMPIRAN – LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang Pendidikan Sistem Ganda
Berdasarkan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwasanya keberhasilan SMK adalah mencetak siswa / siswi yang siap terjun langsung dalam dunia usaha di era globalisasi ini. Dan di dalam kurikulum juga di tetapkan untuk mewujudkan program tersebut, setiap siswa/siswi di haruskan mengikuti & melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda, sehingga dapat menyusun laporan yang merupakan persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Akhir Nasional ( UAS & UAN ). Ini merupakan program Departemen Pendidikan Nasional.
Perlu disadari bahwa sampai pada sa’at ini lulusan SMK Belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun indusrti. Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/industri ketika merektur tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lolos seleksi penerima’an karyawan. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri.
Pengguna’an unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat dipelajari di sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan tetapi harus dikuasai melalui  pembiasa’an  dan internalisasi.
Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerja’an pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian profesional berdasarkan jumlah pengalaman kerja.
Mata diklat praktik kejuru’an yang disajikan di sekolah biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan proses dan situasi(akumulasi), karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu sulit diharapkan  untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang diharapkan.
Melihat pernyataan diatas, Dimekjur menetapkan strategi operasional yang berdasarkan kepada kebijakan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan) Depatemen Pendidikan dan Kebudaya’an dalam model penyelenggara’an Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan pemerintah No.39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional, Peraturan Pemerintahan No.19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah (kemudian diubah dengan PP No.56 tahun 1998), Kep.Men Pendidikan dan Kebudaya’an No. 080/U/1997 tentang Penyelenggara’an Pendidikan Sistem Ganda (PSG) /Prakerin SMK.


No comments:

Post a Comment