KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang tak henti hentinya
yang melimpahkan rahmat kepadakami semua sehingga kami dapat melaksanakan serta
menyelesaikan laporan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan baik dan
lancar.
Kami menyadari dalam pembuatan laporan ini masih banyak
kekurangan yang ada, namun kami berupaya menyusun berdasarkan pengalaman selama
melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di kantor Kecamatan Mantup dengan
tujuan untuk meningkatakan pengetahuan dan sebagai persyaratan untuk mengikuti Ujian
Akhir Sekolah & Ujian Akhir Nasional (UAS & UAN).
Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih
kepada pihak yang telah membantu, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan
ini, yaitu Kepada :
11. BUDI
ARDJONO M.Pd. selaku Kepala SMK Ma’arif NU Mantup Lamongan.
22. NUR
KHASAN, S.Pd.MM Selaku Ketua Kompetensi Keahlian (APK) ADM. PERKANTORAN di SMK MA’ARIF NU MANTUP.
33. MASHERU,SE
S.Pd.I selaku pembimbing Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
44. RADIONO,SH.MM
selaku Pimpinan Instansi.
55. SUMA’UN
S.Pd Selaku pembimbing Instansi.
66. Bapak
ibu guru yang telah membantu dan memberikan dukunganya.
77. Kedua
orang tua yang telah memberi dorongan dan semangat untuk dapat menjalankan
kegiatan ini dengan baik.
88. Semua
pihak yang tidak dapat di sebutkan satu per satu yang senantiasa selalu membantu
baik moral maupun materi.
Dalam ini kami
menyadari bahwa terdapat kekurangan dan kekhilafan. Oleh sebab itu, mohon kiranya dimaklumi dan kami mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini. Mudah-mudahan
laporan yang kami buat ini dapat berguna bagi para pembacanya.
Mantup,
2014
Penyusun
ZULISETYARINI
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL.................................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN.................................................................................... ii
MOTO.................................................................................................................... iii
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. iv
DAFTAR
ISI........................................................................................................... v
BABI PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang............................................................................... 1
1.2
Maksud
dan Tujuan................................................................... .... 2
1.2.1
Maksud............................................................................... 2
1.2.2
Tujuan................................................................................ 3
1.2.3
Waktu
Dan Tempat Pelaksanaan..................................... 3
BAB II URAIAN UMUM
2.1
Profil
Kecamatan Mantup.............................................................. 4
2.2
Struktur Organisasi....................................................................... 5
BAB III LAPORAN
KEGIATAN PSG
3.1
Jurnal
Kegiatan.............................................................................. 6
3.2
Jurnal
Monitoring Kegiatan PSG.................................................... 21
BAB IV PENUTUP
4.1 ... Kesimpulan.................................................................................... 22
4.2 ... Saran............................................................................................. 23
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Pendidikan
Sistem Ganda
Berdasarkan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan
bahwasanya keberhasilan SMK adalah mencetak siswa / siswi yang siap terjun
langsung dalam dunia usaha di era globalisasi ini. Dan di dalam kurikulum juga
di tetapkan untuk mewujudkan program tersebut, setiap siswa/siswi di haruskan
mengikuti & melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda, sehingga dapat menyusun
laporan yang merupakan persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan
Ujian Akhir Nasional ( UAS & UAN ). Ini merupakan program Departemen
Pendidikan Nasional.
Perlu disadari bahwa sampai pada sa’at ini lulusan SMK
Belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun indusrti. Secara
kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/industri ketika merektur tenaga
kerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah
lolos seleksi penerima’an karyawan. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang
dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri.
Pengguna’an unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja
dapat dipelajari di sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat
diajarkan tetapi harus dikuasai melalui
pembiasa’an dan internalisasi.
Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar
keahlian professional seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan
pekerja’an pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan
keahlian profesional berdasarkan jumlah pengalaman kerja.
Mata diklat praktik kejuru’an yang disajikan di sekolah
biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu
menyajikan proses dan situasi(akumulasi), karena bukan situasi yang
sesungguhnya, oleh karena itu sulit diharapkan
untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang diharapkan.
Melihat pernyataan diatas, Dimekjur menetapkan strategi
operasional yang berdasarkan kepada kebijakan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan)
Depatemen Pendidikan dan Kebudaya’an dalam model penyelenggara’an Pendidikan
Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan
yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, Peraturan pemerintah No.39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat
dalam pendidikan nasional, Peraturan Pemerintahan No.19 tahun 2005 tentang
standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990 tentang
Pendidikan Menengah (kemudian diubah dengan PP No.56 tahun 1998), Kep.Men
Pendidikan dan Kebudaya’an No. 080/U/1997 tentang Penyelenggara’an Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) /Prakerin SMK.
No comments:
Post a Comment