Thursday 4 August 2016

makalah kerajinan bahan lunak



MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
“KERAJINAN BAHAN LUNAK”




Disusun Oleh :
AGUNG WIRANTO
KELAS  X IIS 1



SMA NEGERI 1 MANTUP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Makalah ini disusun agar pembaca dapat lebih memahami tentang kewirausahaan. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                                   Mantup,  November 2014

                                                                                   Penyusun



DAFTAR ISI

Halaman Judul .......................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... .... ii
Daftar Isi ................................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN ....................................................................................... 1
A.    Latar Belakang .............................................................................................. 1

BAB II PEMBAHASAN ......................................................................................... 2
A.    Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak ............................................................ 2
B.     Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak........................................................ 2
C.     Bahan Lunak Alami ...................................................................................... 2
D.    Bahan Lunak Buatan .................................................................................... 2
E.     Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak.................................................. 2
F.       Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak................................................. 5

BAB III PENUTUP ................................................................................................. 6
A.    Kesimpulan ................................................................................................... 6

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 7





BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pembukaan Perkembangan lingkungan yang begitu pesat baik dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, ekonomi dan social budaya mengajak kita untuk terus menempa diri dan meningkatkan kualitas agar mampu berdiri di atas kaki sendiri, terbangun rasa percaya diri, mengenal akan potensi diri, mengenal akan potensi diri dan mengembangkannya dalam bentuk karya inovasi dan kreatifitas untuk menghadapi tantangan abad 21. Buku Prakarya dan Kewirausahaan ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam mengasah potensi baik itu potensi yang terdapat pada diri, potensi yang ada di daerah dan kearifan local disekitar kita untuk dapat di gali, dikembangkan menjadi bentuk karya nyata yang bermanfaat bagi kehidupan. Industri kreatif yang berkembang saat ini, menjadi arena untuk berkarya dan bereksplorasi mempersiapkan diri menjadi calon-calon wirausaha pelaku industry kreatif. Budaya, sebagai sumber daya yang perlu dikembangkan merupakan salah satu bagian yang berpotensi selain sumber daya alam yang ada. Kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan sebagai bagian dalam menuntun kita untuk mendapatkan pengetahuan, cara kita bersikap, perilaku, dan keterampilan yang kita ikuti tahap demi tahap agar mampu proaktif, peka, semangat belajar lebih tinggi dan pada gilirannya kita akan memilih pengetahuan dan keterampilan yang lebih kaya.
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak
            Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti tanah liat, serat alam, kayu, bambu, kulit, logan, batu, rotan,  dan lain lain. Pembuatan produk kerajinan di setiap daerah memiliki jenis kerajinan local yang menjadi unggulan daerah.
Misalnya : Kasongan (Daerah Yogyakarta) sumber daya alam yang banyak tersedia tanah liat, kerajinan yang berkembang adalah kerajinan keramik.

B.      Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak
Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan yang lunak dalam pembuatan produk kerajinan yaitu :

C.    Bahan Lunak Alami
Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang di peroleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun di kombinasi dengan bahan buatan lain. Contoh : tanah liat, serat alam, kulit.

D.    Bahan Lunak Buatan
            Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Bahan bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, spons, sabun, dan lain lain.

E.     Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan.

1.      Kerajinan Tanah Liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) Contoh : gerabah, vas bunga, guci, piring. Indonesia memiliki aneka ragam kerajinan keramik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas pada keunikan bentuk teknik hingga ragam hias yang di tampilkan.

DOWNLOAD FILE SELENGKAPNYA

2 comments: