Tuesday 2 August 2016

makalah kewirausahaan



Makalah Kewirausahaan
“Cara Pengolahan Mujaer“

 

Disusun Oleh :
ALVIN YOGI. S


 SMA Negeri 1 Mantup
Tahun Pelajaran 2014/2015


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyeleksaikan Tugas ini dengan baik.Rasa syukur ini kami wujudkan dengan rajin dan giat belajar dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai tuntutan zaman.Sehingga akan membuat generasi bangsa yang tangguh,unggul serta pintar.
Dari hal di atas kami berusaha untuk menyusun tugas sesempurna mungkin.Usaha ini saya wujudkan untuk menyajikan sumber bacaan yang sesuai dengan kebutuhan saya untuk itu  saya menyusun paper yang berjudul “Pengolahan Mujaer ”
Paper ini merupakan tugas yang telah saya kerjakan .Namun,dalam usaha yang semaksimal ini sata menyadari tentu masih terdapat banyak kekurangan untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi terciptanya kesempurnaan dalam paper ini.
                                                                                     Mantup,  Desember 2014


                                                           Penulis
DAFTAR ISI

Halaman Judul .......................................................................................................... i
Kata Pengantar .......................................................................................................... ii
Daftar Isi ................................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Resep Ikan Mujair Pedas Asam Manis Enak Mudah..................................... 2
B.     Resep Masakan Ikan Mujair Goreng Bumbu Enak........................................ 3
C.     Ikan Mujair Tumis Cabai Hijau ................................................................ .... 4
D.    Resep Ikan Mujair Masak Pesmol............................................................. .... 6
E.     Pecak  Ikan Mujaer ................................................................................... .... 7

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ......................................................................................................... 9

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 10

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Salah satu penelitian tertua yang telah dilakukan oleh dua orang peneliti Denmark pada tahun 1970 menemukan fakta bahwa orang Eskimo meskipun banyak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, memiliki kasus kematian akibat Penyakit jantung Koroner (PJK) yang rendah. Hal ini disebabkan karena orang Eskimo mempunyai kebiasaan mengkonsumsi ikan. Data dari Reutershealth mengungkapkan selain kaya protein, ikan juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. Menurut Dr. William Harris dari Universitas South Dakota, orang Amerika lebih banyak terkena penyakit penyumbatan aliran darah serta jantung koroner dibandingkan dengan negara Jepang karena orang Jepang biasa mengkonsumsi ikan. Kandungan omega 3 pada ikan dapat menyembuhkan penyumbatan di aliran darah secara otomatis dan memperkecil risiko terkena penyakit jantung koroner dan berbagai penyakit lainnya. Pola makan orang Jepang juga berpengaruh, karena masakan Jepang biasanya biasanya secara mentah atau rebus dan masakan Jepang sedikit menggunakan minyak goreng atau mengandung lemak.
Ikan mujaer adalah bahan makanan hewani yang berasal dari air tawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Ikan Mujair mengandung energi sebesar 89 kilokalori, protein 18,7 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 1 gram, kalsium 96 miligram, fosfor 209 miligram, dan zat besi 1,5 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Mujair juga terkandung vitamin A sebanyak 20 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Mujair, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 80 %.
Ada tiga jenis ikan mujaer yang terkenal,antara lain : mujair biasa, mujair merah (mujarah) atau jamerah dan mujair albino. Tapi yang biasa diamsak atau dikonsumsi adalah mujair biasa dan mujaer merah.

Download File Doc. Selengkapnya

 

No comments:

Post a Comment