Monday 1 August 2016

kerajinan kain perca



Makalah Kewirausahaan

“Kerajinan Kain Perca”


 

 


Disusun Oleh :
FITRIA NURVITA HERLINA


KELAS XI IIS 1
KELOMPOK III


SMA NEGERI 1 MANTUP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "KERAJINAN KAIN PERCA", yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari sejarah agama islam.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggu perasaan pembaca.
Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

Mantup,   November  2014


Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Judul........................................................................................................... i
Kata Pengantar........................................................................................................... ii
Daftar Isi.................................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN ....................................................................................... 1
A.    Latar Belakang............................................................................................... 1
B.     Tujuan............................................................................................................ 1
C.     Hasil Yang Diharapkan ................................................................................. 1

BAB II PEMBAHASAN ......................................................................................... 2
A.    Kain Perca Di Indonesia................................................................................ 2
B.     Bentuk Guntingan Kerajinan Kain Perca....................................................... 2
C.     Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca.................................................. 3
D.    Cara Memanfaatkan Kain Perca Batik........................................................... 4
E.     Contoh Kerajinan Kain Perca.................................................................... .... 6
F.      Pengenalan Alat-alat dan Bahan Menjahit..................................................... 7

BAB III PENUTUP.................................................................................................. 12
A.    Kesimpulan ................................................................................................... 12

DAFTAR PUSTTAKA ............................................................................................ 13





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Anda tau kain perca? Ya, kain sisa potongan yang sudah tidak terpakai itu, ternyata masih bisa dimanfaatkan loh. Bahkan ditangan si kreatif, kain perca dapat disulap menjadi barang-barang kerajinan yang trendi dan tentunya bermanfaat. Membuat kerajinan kain perca, ternyata tidak serumit yang kita bayangkan, cukup sedikit ketelitian dan kreatifitas kita saja.
Kain perca merupakan sisa kain dari proses penjahitan. Sepintas kain sisa ini adalah kain yang tidak memiliki manfaat, tapi sebenarnya sisa kain ini dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang berguna. Daripada terbuang menjadi sampah lebih baik digunakan sebagai barang yang lebih berguna. Kain perca ini dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang kerajinan tangan seperti tas, sarung bantal, ataupun produk-produk yang lain.
        Usaha ini bergerak dalam bidang industri rumah tangga, pada dasarnya didirikan bertujuan untuk mencari keuntungan serta untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen akan suatu produk yang berkualitas dan bermutu.  Sedangkan penciptaan kualitas dan mutu yang baik dengan biaya yang rendah adalah syarat utama jika menginginkan keuntungan yang terus meningkat

B.     Tujuan
Bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada para siswa sehingga nantinya dapat meningkatkan kreatifitas dan produktivitas para siswa.

C.    Hasil yang diharapkan
          Dengan harapan  remaja menghasilkan produk yang memiliki nilai jual dan seni.
Memberikan keterampilan kepada siswa sehingga nantinya bisa digunakan untuk   penghasilan tambahan keluargany

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Kerajinan Kain Perca di Indonesia
            Kerajinan kain perca sebenarnya sudah cukup lama dikenal di Indonesia dan juga termasuk ke dalam kerajinan seni tradisional. Awalnya kerajinan perca di Indonesia kurang diminati. Karena pembuatannya yang berbahan dasar limbah perca, kerajinan ini menjadi dipandang sebelah mata.
Namun, seiring dengan semakin meningkatnya daya kreatifitas dan kualitas bahan yang digunakan oleh para pengrajin, saat ini kerajinan ini semakin populer. Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki dan juga mempelajari seni kerajinan ini. Barang-barang hasil kerajinannya pun semakin beragam dan bernilai jual cukup tinggi.
            Kerajinan kain ini juga menjadi salah satu kerajinan yang diminati para ibu rumah tangga dan remaja putri untuk dipelajari. Sudah banyak kelompok-kelompok kreatif yang khusus mengerjakan berbagai kerajinan kain ini dan menjualnya.
            Bahkan, tidak sedikit dari kelompok-kelompok tersebut yang sukses menciptakan kerajinan berkualitas dan bernilai seni tinggi hingga dapat menembus pasar internasional. Jadi, kerajinan ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga, remaja putri atau siapa saja yang memiliki bakat dan minat di bidang jahit-menjahit.
Jika Anda tertarik dengan dunia kreasi kerajinan kain perca, Anda juga bisa belajar membuat dan menghasilkan karya yang tidak kalah berkualitas. Anda bisa mulai belajar dari teknik-teknik dasar terlebih dahulu dan kemudian mulai mengembangkan kreasi setelah anda cukup mahir.
Untuk mempelajari kerajinan perca ini, Anda bisa belajar secara otodidak dengan membaca berbagai buku panduan yang bisa ditemukan di berbagai toko buku, baik online maupun offline. Selain itu, Anda juga bisa belajar langsung dari para pengrajin kain perca yang saat ini sudah cukup banyak yang membuka kursus kerajinan perca untuk umum. 

Download File Doc. Selengkapnya

No comments:

Post a Comment