Tuesday 2 August 2016

makalah kewirausahaan



Makalah Kewirausahaan
“Cara Pengolahan Gurami Bakar“


Description: http://resepcaramemasak.info/wp-content/uploads/2013/10/Gurame-Bakar-Bumbu-Rujak.jpg 











Disusun Oleh :
APRILIA ALIFTA AFANDI




SMA Negeri 1 Mantup
Tahun Pelajaran 2014/2015


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyeleksaikan Tugas ini dengan baik.Rasa syukur ini kami wujudkan dengan rajin dan giat belajar dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai tuntutan zaman.Sehingga akan membuat generasi bangsa yang tangguh,unggul serta pintar.
Dari hal di atas kami berusaha untuk menyusun tugas sesempurna mungkin.Usaha ini saya wujudkan untuk menyajikan sumber bacaan yang sesuai dengan kebutuhan saya untuk itu  saya menyusun paper yang berjudul “Pengolahan Gurami Bakar”
Paper ini merupakan tugas yang telah saya kerjakan .Namun,dalam usaha yang semaksimal ini sata menyadari tentu masih terdapat banyak kekurangan untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi terciptanya kesempurnaan dalam paper ini.
                                                                                     Mantup,  Desember 2014


                                                                                                      Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Judul .......................................................................................................... i
Kata Pengantar .......................................................................................................... ii
Daftar Isi ................................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Resep Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Madu.......................................... 2
B.     Ikan Gurame Bakar Manis ala Bango............................................................ 3
C.     Resep Cara Memasak Gurame Bakar Bumbu Rujak..................................... 4
D.    Resep Gurame Bakar Sambal Kacang Pedas Dan Manis.............................. 5

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ................................................................................................... 7

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 8




BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Ikan gurami adalah salah satu dari 15 komoditas ikan yang ditujukan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani. yang banyak dikembangkan oleh para petani hal ini dikarenakan permintaan pasar cukup tinggi, pemeliharaan mudah serta harga yang relatif stabil.
Ikan gurami dikenal sebagai raja ikan konsumsi air tawar yang merupakan salah satu menu favorit di restorang maupun rumah makan, hal ini dikarenakan ikan gurami mempunyai rasa daging yang gurih dan lezat sangat digemari masyarakat. Ikan gurami dapat di olah manjadi berbagai masakan seperti: gurami bakar, gurami goring, sop ikan gurami, gurami asam manis dan lain-lain.
Salah satu daerah yang membutuhkan ikan gurami paling tinggi adalah jakarta. Saat ini, pasar di jakarta diperkirakan menyerap gurami konsumsi sebanyak 10-15 ton/hari. Untuk memenuhi pasar gurami di jakarta, para pemasok biasanya berburu ke Parung, Subang, Indramayu, Purwokerto, Tulungagung, dan Kediri. Namun, sejumlah pasokan tersebut sebenarnya belum memenuhi kebutuhan seluruhnya. Begitu juga daerah Purwokerto, semakin banyaknya rumah makan/restouran yang menyajikan makanan siap saji menjadikan peluang yang baik untuk para pembudidaya ikan.
Selain untuk memenuhi pasar lokal, ikan gurami juga berpotensi menembus pasar ekspor. Pasar mancanegara yang masih terbuka lebar di antaranya Jepang, Malaysia, Singapura, dan Brunai Darussalam. Gurami untuk ekspor harus memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan oleh Badan standarisasi nasional.
Harga ikan gurami dari tahun ke tahun tetap stabil, bahkan menunjukan kenaikan yang berarti. Harga gurami yang relatif tinggi ini terutama disebabkan oleh permintaan pasar tinggi, sedangkan produksi masih rendah. Celah pasar itulah yang membuat harga gurami konsumsi bertahan di angka Rp. 20.000 – Rp. 25.000 per kilogram sejak tahun 2000. harga gurami ditingkat petani di jawa tengah khususnya wilayah banyumas mancapai  Rp. 19.000 -28.000/kg. Harga itu oleh berbagai pengamat diperkirakan bertahan hingga 2-3 tahun ke depan. 

Download File Doc. Selengkapnya

No comments:

Post a Comment