Thursday 4 August 2016

makalah kewirausahaan



Makalah Kewirausahaan

“Kerajinan Tenun”



 


Disusun Oleh :
FIFI PUTRI WIJAYANTI

KELAS XI IIS 1
KELOMPOK III


SMA NEGERI 1 MANTUP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "KERAJINAN TENUN", yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari sejarah agama islam.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggu perasaan pembaca.
Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

Mantup,   November  2014


Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Judul .......................................................................................................... i
Kata Pengantar .......................................................................................................... ii
Daftar Isi ................................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN ....................................................................................... 1
A.    Latar Belakang .............................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah ......................................................................................... 2
C.     Tujuan Penulisan............................................................................................ 2
D.    Manfaat ......................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN ......................................................................................... 3
A, Kerajinan Tenun ................................................................................................... 3

BAB III JENIS – JENIS TENUNAN...................................................................... 4
A.    Tenun Ikat ..................................................................................................... 4
B.     Tenun Songket............................................................................................... 7
C.     Rincian Anggaran Pembuatan Tenun............................................................. 10

BAB IV PENUTUP.................................................................................................. 11
A.    Kesimpulan ................................................................................................... 11

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 12




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sejak dahulu kala kebutuhan akan pangan atau pakaian telah menjadi sebuah kebutuhan yang diprioritaskan. Hal ini dikarenakan pakaian mempunyai manfaat bagi manusia dalam mepertahankan kelangsungan hidupnya. Dimana saat cuaca dingin pakaian dapat menghangatkan tubuh, pakaian itu juga menunjukan kepribadian seseorang untuk dikatakan baik atau tidak, kesopansantunan.
Zaman dahulu dengan keterbatasan alat maupun bahan serta tingkat sumber daya manusia yang rendah, manusia membentuk sebuah pakaian dari kulit kayu. Karena merasa kurang nyaman mengenakan pakaian dari kulit kayu, pasalnya pakaian dari kulit kayu ini dapat menimbulkan gatal dan merusak kulit maka nenek moyang kala itu mulai mencari alternatif lain yaitu membuat pakain dari bahan dasar kapas. Sehingga sejak saat itu muncullah pakaian dari tenun ikat dari berbagai wilayah.
Seiring berjalannya waktu, muculnya berbagai tenun dengan beragam motif dan hias yang bervariasi dengan arti – arti yang berbeda. Arti – arti inilah yang menunjukan latar belakang kebudayaan suatu daerak atau ciri khas dari suatu daerah. Berbagai peneltian telah membuktikan hal ini, salah satunya adalah Marie Jeanne Adams yang dalam tulisannya khusus membahas seni tenun ikat di Kabupaten Sikka di Wilayah Kewapante sebuah kecamatan di Sikka Nusa Tenggara timur (NTT).
Sekitar sistem dan motif tenun ikat, beliau tandaskan adanya kemungkinan bahwa struktur kebudayaan masyarakat Kewapante pada umumnya didasarkan pada prinsip berpasangan laki – laki dan perempuan.
Berpedoman pada ide ini, dipelajari motif – motif dan ragam hias geometris dari tenun ikat, di daerah Kewapante justru motif dan ragam hias geometris mendasari aspek kebudayaan ini yaitu seni tenun ikat. Sebagai dua unsur terpadu menjadi satu organis. Dari adanya sistem partner ini tersimpul kebenarannya bahwa suku bangsa Sikka sebagai bagian dari integral Bangsa Indonesia terarah kepada rekan, sebagai teman hidup dan lawan kerja. Jelas pula bahwa motif – motif tenun ikat justru menampilkan kepribadian atau identitas diri.



B.    Rumusan Masalah
berdasarkan isi dari makalah ini maka ada beberapa permasalahan yang perlu di bahas. Agar kita dapat mengetahui dan memahami tentang kerajinan tenun. Diantaranya adalah :
1.         Apa yang dimaksud dengan tenun ?
2.         Apa yang dimaksud dengan tenun Ikat dan Tenun Songket ?
3.         Bagaiamana cara pembuatan tenun Ikat dan Tenun Songket ?

C.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dibuatnya makalah ini karena :
1.         Ingin mengetahui jenis tenun baik tenun Ikat ataupun tenun Songket.
2.         Memberikan pengetahuan mengenai kerajinan Tenun
3.         Sebagai suatu media untuk menambah wawasan dan pengetahuan
4.         Menambah Kepustakaan

C.    Manfaat
Manfaat yang dapat kami petik dalam pembuatan makalah ini adalah :
1.         Menambah ilmu dan pengetahuan khususnya dibidang kerajinan Tenun
Dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran masalah kerajinan Tenun bagi kita semua khususnya siswa –siswi.

DOWNLOAD FILE SELENGKAPNYA

No comments:

Post a Comment