Saturday 12 April 2014

Makalah Fisika suhu dan Kalor



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
               Suhu dan Kalor adalah dua hal yang tidak dapat dipisahka dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dua hal tersebut seperti hal yang paling sederhana saja perbedaan  temperatur udara saat siang dan malam hari, penurunan suhu teh panas jika ditambahkan dengan es batu, dan lain sebagainya.
               Kalor merupakan bentuk energi maka dapat berubah dari satu bentuk kebentuk yang lain. Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi maka energi listrik dapat berubah menjadi energi kalor dan juga sebaliknya energi kalor dapat berubah menjadi energi listrik               

1.2.Rumusan Masalah
                  Berdasarkan latar belakang makalah ini, maka penyusun membuat suatu rumusan masalah, yaitu :
1.      Apa makna suhu, kalor dan kapasitas kalor.
2.      Bagaimana isi Hukum Termodinamika I dan II.
3.      Apa itu proses isokhorik, isobar, isotermik dan adiabatic.
4.      Bagaiman prinsip mesin kalor dan mesin pendingin.
5.      Apa penerapan konsep-konsep suhu dan kalor pada bidang teknik elektro.

1.3.Batasan Masalah
            Hukum Termodinamika I dan Hukum Termodinamika II.
1.4.Tujuan
   Makalah ini disusun agar dapat lebih mendalami tentang makna suhu, kalor dan kapasitas kalor. Mengetahui Hukum Termodinamika I dan II dan seterusnya seperti yang ada pada rumusan masalah. Tidak hanya itu, penyusunan makalah ini juga tidak hanya bagi para pembaca saja, akan tetapi agar dapat pula menjadi bahan informasi/bahan ajar bagi orang lain (siswa).



BAB II
PEMBAHASAN

2.1.    Suhu, kalor dan kapasitas kalor
                  Suhu didefenisikan sebagai ukuran atau derajat panas dingin suatu benda atau sistem. Sifat termometrik adalah sifat-sifat benda yang mudah berubah akibat adanya perubahan suhu, contoh :
1.      Panjang logam
2.      Volume zat cair.
         Kalor adalah
Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh suatu zat. Secara umum untuk mendeteksi adanya kalor yang dimiliki oleh suatu benda yaitu dengan mengukur suhu benda tersebut. Jika suhunya tinggi maka kalor yang dikandung oleh benda sangat besar, begitu juga sebaliknya jika suhunya rendah maka kalor yang dikandung sedikit.


Download File Doc.

No comments:

Post a Comment