Sunday 13 April 2014

Makalah Sistem Informasi Manajemen



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
       Peningkatan pemahaman komputer oleh pemakai mudahnya pemakai memperoleh hardware dan software memberikan kesadaran terhadap perusahaan bahwa memang dibutuhkan sistem komputerisasi. Sebagai contoh dua pemakai dalam area yang berbeda ingin mengembangkan sistem secara serentak untuk menyiapkan laporan yang sama, atau mereka masing-masing membeli aket software yang sama. Maka, sebaiknya manajemen puncak dari perusahaan tersebut menetapkan penggunaan komputerisasi dalam organisasinya, yang akan berguna untuk mengetahui penciptaan sumber informasi dan pengelolaannya. Perencanaan formal untuk manajemen informasi ini disebut Information Reseurce Management (IRM) atau manajemen sumber informasi.

B.       Rumusan Masalah
A.  Pengertian Manajemen Sumber Informasi atau IRM?
B.   Informasi sebagai Sumber Strategis?
C.  Perencanaan Strategis Untuk Sumber-Sumber Informasi?
D.  Keuntungan Dari End-User Computing?

C. Tujuan Penulisan
           Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen pada kompetensi keahlian Teknik Informatika di Universitas Islam Lamongan. Selain itu, penulisan makalah ini memiliki tujuan lain yaitu untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menyalurkan matei yang telah dipelajari.

D. Manfaat Penulisan
          Penulisan makalah ini juga dapat dijadikan sebagai modul pembelajaran yang mungkin akan berguna bagi kegiatan belajar mengajar di masa-masa mendatang. Makalah ini juga dapat dijadikan referensi yang mungkin berguna dalam mempelajari materi pembelajaran Manajemen Sumber Informasi di tahun ajaran baru.  Makalah ini pun diharapkan bisa menjadi pemacu motivasi mahasiswa agar lebih rajin belajar, dan bisa lebih memahami mata kuliah dengan baik.


BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pengertian IRM
IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan & manajemen.
Informasi adalah salah satu sumber utama dari perusahaan, dan ia dapat dikelola seperti halnya sumber-sumber lain. Informasi adalah sumber konseptual yang mana menggambarkan sumber-sumber fisik yang harus dikelola oleh manajer. Jika skala operasinya terlalu besar untuk diobservasi, maka manajer dapat memonitor sumber-sumber fisik dengan mengunakan informasi yang menggambarkan atau mewakili sumber-sumber tersebut. Tujuan IRM adalah untuk meningkatkan kondisi dinamis dan statis yang berhubungan dengan informasi internal dan eksternal kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas manajemen. Mengejar IRM dari "3E" - Efisien, Efektif dan Ekonomis.

B.       Informasi Sebagai Sumber Strategis
Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif. Caranya : Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya. Arus Informasi antara perusahaan dan pelanggan :
1) Informasi yang menerangkan kebutuhan produk
2) Informasi yang menerangkan penggunaan produk
3) Informasi yang menerangkan kepuasan produk
Perusahaan harus menjalankan tujuannya tersebut dalam kendala yang diakibatkan oleh lingkungan. Walaupun semua elemen dapat mengakibatkan terjadinya kendala, namun yang paling kelihatan adalah yang datangnya dari pesaing. Pesaing secara aktif berusaha untuk menyaingi keberhasilan perusahaan tersebut.

Download File Doc Lengkap

No comments:

Post a Comment