Wednesday 2 April 2014

Puisi Lingkungan Sekitarku



LINGKUNGAN SEKITARKU

Lingkungan ku.........
saat kau tercemar
aku lupa membersihkannya
saat kau kotor
aku tidak membersihkannya

Lingkungan ku........
kau menjadi berpolusi karena manusia
kau menjadi kotor karena kami
semua ulah itu kesalahan kami

Lingkungan hidupku..........
maafkanlah perbuatan kami
maafkan pula kelalaian kami
mulai saat ini
kami pasti akan menjagamu

Rima awal        :   - Aku
-    Aku

Rima tengah    :   - Karena
-    Karena

Rima akhir       :   - Kami
-    Kami


Alur Maju        :   Hari Minggu Fiana dan Fina pergi ke Pasar Balongpanggang untuk membeli baju. Sesampai di sana Fiana dan Fina Melihat-lihat baju yang akan dibeli. Ketika mereka sudah selesai memilih baju yang mereka inginkan, mereka langsung berjalan menuju keparkiran. Ketika dijalan Fiana tidak sengaja menabrak seorang ibu-ibu yang sedang berjalan dengan membawa belanjaan banyak. Lalu ibu-ibu itu marah ,kepada Fiana, lalu Fiana membantu erapikan barang belanjaannya tadi, dan Fiana minta maaf kepada ibu-ibu tersebut dan ibu-ibu memaafkan. Tidak lama kemudian Fiana dan Fina pulang dengan hati yang sangat lega.

Alur Mundur    :   Minggu lalu Fiana dan Fina ke pasar Balongpanggang untuk membeli baju. Dan minggu yang lalu Fina dan Fiana tidak sengaja menabrak ibu-ibu yang sedang membawa belanjaan. Minggu yang lalu Fina dan Fiana minta maaf kepada ibu-ibu itu, dan ibu-ibu itu memaafkan Fina dan Fiana.

Alur Gabungan     : Hari ini Fina dan Fiana pergi ke Balongpanggang untuk membveli baju. Dan hari Minggu kemarin Fina dan Fiana juga pergi ke pasar Balongpanggang hari ini, saat Fina dan Fiana di pasar mereka tidak sengaja menabrak ibu-ibu yang sedang membawa belanjaan. Hari Minggu yang lalu juga mereka minta maaf kepada ibu-ibu itu.
                          Dan ibu-ibu itu pun memaafkan.



BERITA TELEVISI

Banjir setinggi 50-60 centimeter menggenangi kawasan Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta, Rabu (29/1/2014). Belasan motor yang nekat menembus banjir di jalan tersebut mogok karena air masuk kedalam knalpot. Pengendara mencoba tetap menghidupkan mesin motornya dan melintasi banjir. Tak lama, motor pun mati. Akhirnya, mereka terpaksa mendorong motornya untuk melintasi kawasan itu.

Dari pantauan Kompas.com, banjir yang terjadi di depan Apartemen Meditarina Garden itu menggenangi kedua arus jalan.

Menurut pegawai Kantor Kelurahan Tanjung Duren Utara, Eddy, banjir kali ini terjadi akibat hujan yang mengguyur ibukota Selasa (28/1/2014). Hujan selama tiga jam sejak pukul 21.00 – 24.00 WIB menyebabkan banjir setinggi satu meter.

Akibat banjir tersebut, sejumlah warga yang akan berangkat keja pada pagi ini terhambat. Kantor Kelurahan Tanjung Duren Utara mengerahkan sebuah perahu karet dan petugas polisi pamong praja untuk membantu warga yang akan melintas.

Apa             :   yang terjadi di kawasan Tanjung Duren Raya?
Siapa           :   yang ikut mengerahkan sejumlah perahu karet untuk bantuan kepada warga?
Kapan          :   banjir setinggi 50-60 centimeter menggenangi kawasan Tanjung Duren Raya?
Dimana        :   banjir setinggi 50-60 centimeter terjadi?
Mengapa      : sejumlah warga yang akan berangkat kerja pada pagi hari ini terhambat?
Bagaimana    :   petugas pamong praja untuk membantu warga yang akan melintas?

No comments:

Post a Comment