Monday 11 July 2016

adaptasi dilingkungan sekolah baru



TUGAS BIMBINGAN KELOMPOK
ADAPTASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH BARU


Oleh :
1. Mafatik Egik P.
2. Dicky Eka Nur H.

Pembimbing :
Suharsono, S.Pd


SMP NEGERI 1 MANTUP
TAHUN EPLAJARAN 2015 / 2016
Semester Ganjil

KATA PENGANTAR

Atas ijin dan kehendak Allah Yang Maha Mengetahui dan Maha Adil, akhirnya materi Bimbingan dan Konseling dapat hadir ke hadapan Anda. Materi ini kami kumpulkan dari berbagai macam sumber yang dapat dijadikan untuk referensi dan memudahkan dalam memberikan layanan klasikal dalam kelas.
Sesuai dengan Permendikbud 81.A Tahun 2013 Lampiran IV dan Permendikbud 111 Tahun 2014 Pasal 6 ayat (4) Layanan dan Komponen Bimbingan dan Konseling yang diselenggarakan di dalam Kegiatan tatap muka dilaksanakan secara klasikal dengan rombongan belajar siswa dalam tiap kelas untuk menyelenggarakan layanan informasi, penempatan dan penyaluran, penguasaan konten, kegiatan instrumentasi, serta layanan / kegiatan lain, tatap muka terjadwal dan rutin setiap kelas perminggu dengan beban belajar 2 (dua) jam perminggu.
Berdasarkan Permendikbud tersebut maka tim penyusun membuat materi dari hasil uluran tangan dan sumbangan pemikiran dari berbagai pihak serta berbagai referensi buku dan modul Bimbingan Konseling. Oleh karena itu, pada kesempatan ini ijinkan tim penyusun untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan layanan ini.
Meski ini materi Layanan Klasikal ini masih sederhana dan banyak kekurangan semoga saja kehadirannya dapat memberikan tambahan wawasan dalam memberikan layanan Klasikal bimbingan dan konseling di sekolah.
Kritik dan saran membangun dari pembaca tentu sangat diharapkan guna perbaikan penyempurnaan penulisan selanjutnya.


DAFTAR ISI

Halaman Judul....................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar isi................................................................................................................ iii
PEMBAHASAN.................................................................................................. 1
1.      Persiapkan Mental........................................................................................... 1
2.      Berbaik Sangka............................................................................................... 1
3.      Pelajari Situasi................................................................................................. 1
4.      Sesuaikan Keadaan Sekolah............................................................................ 1
5.      Taat Aturan..................................................................................................... 1
6.      Memanfaatkan MOS....................................................................................... 2
7.      Menghargai Sesama......................................................................................... 2
8.      Kenali Dan Hormati Guru............................................................................... 2
9.      Menjadi Diri Sendiri........................................................................................ 2
PENUTUP........................................................................................................ .... 3
Kesimpulan............................................................................................................ 3
Daftar Pustaka....................................................................................................... 4
Lampiran – Lampiran



PEMBAHASAN


Penyesuaian diri di sekolah sangat penting bagi seorang siswa. Usaha untuk beradapatasi ini memerlukan sejumlah ketrampilan sosial sehingga anak mampu menyelesaikan masalah di sekolah, yang diantaranya adalah penyesuaian diri dengan guru, penyesuaian diri dengan guru, penyesuaian diri teman sebaya, penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. Bagi siswa yang sedang belajar, penyesuaian diri di sekolah sangat penting, karena akan berpengaruh pada prestasi belajar. Berikut ini tips yang dapat diterapkan agar mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru:
1.      Persiapkan Mental
Sebetulnya persiapan yang diperlukan lebih ke arah mental. Sekolah baru yang akan dimasuki merupakan sebuah lingkungan yang telah terbentuk, baik dari segi karakter maupun dari segi budaya. Sehingga salah satu cara yang dapat membantu dalam beradaptasi adalah dengan menerima kondisi baru tersebut yang mungkin saja beragam dan berbeda dengan keadaan diri. Pemahaman ini akan mengarahkan diri untuk bersikap lebih dewasa dalam menyikapi hal-hal baru yang belum pernah dihadapi di sekolah terdahulu.
2.      Berbaik Sangka
Buang jauh-jauh pikiran bahwa lingkungan sekolah baru nanti kurang menyenangkan termasuk kekhawatiran tentang teman-teman yang tidak bersahabat atau guru-guru kurang ramah. Ganti kalimat tersebut, penuhi otak dengan kalimat-kalimat positif seperti lingkungan sekolah baru akan sangat menyenangkan, teman-teman mengasyikkan dan guru-gurunya pun ramah.
3.      Pelajari Situasi
Sebelum masuk sekolah, ajarkan untuk mengenal lebih dekat lingkungan sekolahnya. Bawalah ia mengunjungi ‘calon sekolahnya’ dahulu. Dan biasakan anak mengenal situasi baru dan beradaptasi di dalamnya. Tekankan bahwa ia tak perlu takut pada situasi yang baru karena ia berada di lingkungan aman.
4.      Sesuaikan Keadaan Sekolah
Dari jauh-jauh hari, siapkan informasi tentang sekolah barunya. Entah peraturan sekolah atau kebiasaan guru-guru mengajar. Nah, tetapkan keteraturan kegiatan sekolah dengan di rumah. Misalnya, sesuaikan jadwal bangun dengan jadwal masuk sekolah.
Download File Doc Lengkap

No comments:

Post a Comment