TUGAS BIMBINGAN KELOMPOK
ADAPTASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH BARU
Oleh :
1. Mafatik
Egik P.
2. Dicky
Eka Nur H.
Pembimbing
:
Suharsono,
S.Pd
SMP
NEGERI 1 MANTUP
TAHUN
EPLAJARAN 2015 / 2016
Semester
Ganjil
KATA
PENGANTAR
Atas ijin dan kehendak
Allah Yang Maha Mengetahui dan Maha Adil, akhirnya materi Bimbingan dan
Konseling dapat hadir ke hadapan Anda. Materi ini kami kumpulkan dari berbagai
macam sumber yang dapat dijadikan untuk referensi dan memudahkan dalam
memberikan layanan klasikal dalam kelas.
Sesuai dengan
Permendikbud 81.A Tahun 2013 Lampiran IV dan Permendikbud 111 Tahun 2014 Pasal
6 ayat (4) Layanan dan Komponen Bimbingan dan Konseling yang diselenggarakan di
dalam Kegiatan tatap muka dilaksanakan secara klasikal dengan rombongan belajar
siswa dalam tiap kelas untuk menyelenggarakan layanan informasi, penempatan dan
penyaluran, penguasaan konten, kegiatan instrumentasi, serta layanan / kegiatan
lain, tatap muka terjadwal dan rutin setiap kelas perminggu dengan beban
belajar 2 (dua) jam perminggu.
Berdasarkan
Permendikbud tersebut maka tim penyusun membuat materi dari hasil uluran tangan
dan sumbangan pemikiran dari berbagai pihak serta berbagai referensi buku dan
modul Bimbingan Konseling. Oleh karena itu, pada kesempatan ini ijinkan tim
penyusun untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang
setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan yang terlibat
langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan layanan ini.
Meski ini materi
Layanan Klasikal ini masih sederhana dan banyak kekurangan semoga saja
kehadirannya dapat memberikan tambahan wawasan dalam memberikan layanan
Klasikal bimbingan dan konseling di sekolah.
Kritik dan saran
membangun dari pembaca tentu sangat diharapkan guna perbaikan penyempurnaan
penulisan selanjutnya.
DAFTAR
ISI
Halaman Judul....................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar isi................................................................................................................ iii
PEMBAHASAN.................................................................................................. 1
1. Persiapkan
Mental........................................................................................... 1
2. Berbaik Sangka............................................................................................... 1
3. Pelajari
Situasi................................................................................................. 1
4. Sesuaikan
Keadaan Sekolah............................................................................ 1
5. Taat Aturan..................................................................................................... 1
6. Memanfaatkan
MOS....................................................................................... 2
7. Menghargai
Sesama......................................................................................... 2
8. Kenali Dan
Hormati Guru............................................................................... 2
9. Menjadi Diri
Sendiri........................................................................................ 2
PENUTUP........................................................................................................ .... 3
Kesimpulan............................................................................................................ 3
Daftar Pustaka....................................................................................................... 4
Lampiran – Lampiran
PEMBAHASAN
Penyesuaian diri di sekolah sangat penting bagi seorang
siswa. Usaha untuk beradapatasi ini memerlukan sejumlah ketrampilan sosial
sehingga anak mampu menyelesaikan masalah di sekolah, yang diantaranya adalah
penyesuaian diri dengan guru, penyesuaian diri dengan guru, penyesuaian diri
teman sebaya, penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. Bagi siswa yang
sedang belajar, penyesuaian diri di sekolah sangat penting, karena akan
berpengaruh pada prestasi belajar. Berikut ini tips yang dapat diterapkan agar
mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru:
1.
Persiapkan
Mental
Sebetulnya persiapan yang diperlukan lebih ke arah mental.
Sekolah baru yang akan dimasuki merupakan sebuah lingkungan yang telah
terbentuk, baik dari segi karakter maupun dari segi budaya. Sehingga salah satu
cara yang dapat membantu dalam beradaptasi adalah dengan menerima kondisi baru
tersebut yang mungkin saja beragam dan berbeda dengan keadaan diri. Pemahaman
ini akan mengarahkan diri untuk bersikap lebih dewasa dalam menyikapi hal-hal
baru yang belum pernah dihadapi di sekolah terdahulu.
2.
Berbaik
Sangka
Buang jauh-jauh pikiran bahwa lingkungan sekolah baru nanti
kurang menyenangkan termasuk kekhawatiran tentang teman-teman yang tidak
bersahabat atau guru-guru kurang ramah. Ganti kalimat tersebut, penuhi otak
dengan kalimat-kalimat positif seperti lingkungan sekolah baru akan sangat
menyenangkan, teman-teman mengasyikkan dan guru-gurunya pun ramah.
3.
Pelajari
Situasi
Sebelum masuk sekolah, ajarkan untuk mengenal lebih dekat
lingkungan sekolahnya. Bawalah ia mengunjungi ‘calon sekolahnya’ dahulu. Dan
biasakan anak mengenal situasi baru dan beradaptasi di dalamnya. Tekankan bahwa
ia tak perlu takut pada situasi yang baru karena ia berada di lingkungan aman.
4.
Sesuaikan
Keadaan Sekolah
Dari jauh-jauh hari, siapkan informasi tentang sekolah
barunya. Entah peraturan sekolah atau kebiasaan guru-guru mengajar. Nah,
tetapkan keteraturan kegiatan sekolah dengan di rumah. Misalnya, sesuaikan
jadwal bangun dengan jadwal masuk sekolah.
Download File Doc Lengkap
No comments:
Post a Comment