Monday 4 July 2016

makalah hidup bersih



MAKALAH
HIDUP BERSIH DAN OLAHRAGA TERATUR DAPAT MENJAGA KESEHATAN TUBUH



 


Disusun Oleh :
Nama        : Titin Ayu N
Kelas        : XI MIA 2




SMA NEGERI 1 MANTUP
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia nya serta kesempatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Pola Hidup Bersih Sehat  ini tepat pada waktunya. Adapun judul yang di bahas penulis pada makalah ini adalah mengenai ‘Hidup Bersih Dan Olahraga Teratur Dapat Menjaga Kesehatan Tubuh’’.

Makalah ini merupakan tugas Individu. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dosen serta semua pihak yang ikut membantu dalam pembuatan makalah ini, sehingga akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Penulis menyadari tidak ada gading yang tak retak’’ penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Penulis juga mohon kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ........................................................................................... .... i
KATA PENGANTAR.......................................................................................... .... ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................... .... iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang...................................................................................... .... 1
1.2  Tujuan................................................................................................... .... 1

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian PHBS................................................................................... .... 2
2.2 Faktor yang mempengaruhi PHBS........................................................ .... 2
2.3 langkah mencapai PHBS....................................................................... .... 3
2.4 Manfaat PHBS........................................................................................... 9

BAB III PENUTUP
3.1Kesimpulan.................................................................................................. 12
3.2 Saran........................................................................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 13


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pola hidup Sehat dan bersih sampai akhir hayat merupakan suatu dambaan semua orang selama hidup di dunia, Upaya pemeliharaan kesehatan taka akan berhasil jika tidak ada perubahan sikap mental dan perilaku. Dari berbagai macam penyakit yang ada sekarang ini, sumber akarnya tidak lain adalah pola hidup yang keliru. Bila kita menjalani pola hidup yang sehat dan benar, penyakit akan jauh dari kita..
Banyak orang berkata bahwa “ hidup itu singkat, untuk apa susah-susah diet atau olahraga. Makan saja apa yang kita suka, lakukanlah apa yang kita mau”
Anggapan itu seakan melupakan bahwa dengan badan yang sehatlah kita baru dapat mengerjakan semua kegiatan dengan senang hati dan mencapai tujuan dengan maksimal. Atau dengan kata lain, SEHAT akan membuat hidup menjadi lebih indah dan bermakna.
Dalam menjalani hidup sehari-hari kita sebaiknya selalu mengedepankan kesehatan tubuh dan jiwa kita karena sehat itu nikmat dan juga ada pepatah yang mengatakan bahwa  seseorang tidak akan menghargai kesehatannya sendiri di saat ia masih sehat. Begitu pentingnya kesehatan sehingga ada orang yang rela membayar milyaran rupiah untuk kesehatan dirinya di saat dia sakit.

1.2     Tujuan
Adapun tujuan dibuatnya makalah yang membahas tentang pola hidup sehat di Indonesia ini adalah sebagai berikut:
1.      Menumbuhkan kesadaran kepada mahasiswa dan  masyarakat Indonesia yang mampu dalam hal materi agar ikut berperan serta untuk mewujudkan pola hidup sehat dan bersih.
2.      Memberikan informasi kepadamahasiswa dan  masyarakat tentang pola hidup sehat dan bersih.
3.      Untuk mengetahui sejauh mana pola hidup sehat dan bersih


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pola Hidup Sehat dan bersih
Pola hidup sehat yang kita harapkan yaitu segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Kesehatan bukanlah segala-galanya namun segala-galanya tanpa kesehatan tidak ada artinya. Bahkan sehatan merupakan investasi, hakdankewajibansetiapmanusia.Dari penyataan tersebut diatas, makin terasa bahwa sehat adalah kebutuhan dan milik kita yang harus diperjuangkan. Karena dengan pola hidup sehat, kita akan sehat lahir dan bathin, yaitu : merasa nyaman, aman dan tentaram, memiliki rasa percaya diri, sukses dalam pekerjaan, serta dapat menikmati kehidupan social dilingkungan keluarga, tetangga dan masyarakat. Pola hidup sehat memiliki banyak komponen. Tetapi secara umum meliputi beberapa factor, antara lain : Istirahat yang cukup dan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat secara teratur dan seimbang, mempertahankan berat badan ideal, melakukan latihan fisik secara teratur, benar,terukurdan berkesenambungan, berpandangan positif dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutindan teratur.

2.2 Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat dan bersih

2.2.1. Pola Perilaku
Pola perilaku (behavioral patterns) akan selalu berbeda dalam situasi dan lingkungan social yang berbeda, dan senantiasa berubah, tidak ada yang menetap (fixed). Gaya hidup individu, yang dicirikan dengan pola perilaku individu, akan memberikan dampak pada kesehatan individu dan selanjutnya pada kesehatan orang lain. Dalam kesehatan, gaya hidup seseorang dapat diubah dengan cara memberdayakan individu agar merubah gaya hidupnya, tetapi merubahnya bukan pada individu saja, tetapi juaga merubah lingkungan sosial dan kondisi kehidupan yangmempengaruhipolaprilakunya.
2.2.2 Perubahan Gaya Hidup
Berjalan seiring pertumbuhan ekonomi, sosial budaya teknologi yang gejala negatifnya sudah banyak dirasakan saat sekarang ini, seperti kurang gerak secara fisik, perilaku merokok, napza, minuman keras, gizi lebih, kurang sayur, kurang istirahat danlain-lain.


Download file Doc Lengkap

No comments:

Post a Comment