Sunday 17 July 2016

makalah kelentukan tubuh



TUGAS PENJASKES
HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN TUBUH DENGAN KETERAMPILAN MENGGUMPAN BOLA DENGAN PRESTASI TAKRAW

Pembina : Herlin, S.Pd

 

NAMA : HANIFATUL ULYA
KELAS : XI MIA 2

 
SMA NEGERI 1 MANTUP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbilalamin, puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT berkat rahmat dan karunia-Nya, dapat menyelesaikan tugas penulisan makalah sejarah tentang “Hubungan Antara Kelentukan Tubuh Dengan Keterampilan Menggumpan Bola Dengan Prestasi Takraw”.
Tujuan dari penulisan makalah ini, selain untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Penjaskes, juga saya lakukan sebagai bahan pembelajaran saya bersama siswa lain.
Namun di samping itu, saya menyadari betul bahwa dalam penulisan ini masih terdapat banyak kekurangan. Dan untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sekiranya membangun dari para pembaca sekalian agar kekurangan dalam penelitian ini dapat diperbaiki  dan menjadi lebih sempurna untuk proses penambahan wawasan kita semua.

Mantup,      Februari 2015
Tim Penyusun,


DAFTAR ISI

Halaman Judul........................................................................................................... i
Kata Pengantar .......................................................................................................... ii
Daftar Isi ................................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang .............................................................................................. 1
B.     Pembatasan Masalah ..................................................................................... 1
C.     Tujuan ........................................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Kelentukan .................................................................................................... 2
B.     Manfaat Melakukan Latihan Kelentukan ..................................................... 2
C.     Bentuk – Bentuk Latihan Kelentukan .......................................................... 3
D.    Kelentukan Dengan Prestasi ......................................................................... 3
E.     Macam – Macam Kelentukan ....................................................................... 5
F.      Faktor – Faktor Yang  Membatasi Kelentukan ............................................. 6
G.    Prinsip – Prinsip Latihan Kelentukan ............................................................ 8
H.    Bentuk – Bentuk Latihan Kelentukan .......................................................... 8
I.       Beberapa Petunjuk Latihan Kelentukan ....................................................... 9
J.       Hubungan Antara Kecepatan Reaksi Dengan Ketetapan Smash Kadeng..... 9
K.    Hubungan Antara Daya Ledak Dengan Ketetapan Smash Kadeng ............. 10
L.     Hubungan Antara Kecepatan Reaksi Dan Daya Ledak Dengan Ketetapa    n          Smash Kadeng           ................................................................................................................... 11
M.   Teknik Menyepak Bola Takraw..................................................................... 12
N.    Prestasi .......................................................................................................... 12

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ................................................................................................... 13

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 14




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pembangunan olahraga nasional, sebagai mana yang di gariskan dalam UU no. 3 tahun 2005 tentang system keolahragaan nasional adalah meliputi olahraga pendidikan,olahraga prestasi dan olahraga rekreasiyang dilakukan secara terencana berkelanjutan,terukur dan komprehensif.
Hal ini sesuai dangan tujuan keolahragaan nasional yakni meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia.menanamkan nilai moral dan akhlak yang mulia ,sportifitas,disiplin memperererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa.
Seiring dengan kemajuan teknologi,upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga perlu pendekatan ilmiah.kegiatan olahraga saat ini tidak hanya dipengaruhi oleh atlet atau pelatihnya saja,tetapi juga dari ilmuan dari berbagai diiplin ilmu.
Latihan merupakan suatu factor yang sangat penting dalam meningkatkan kelentukan otot,sedangkan kelentukan merupakan modal untuk mempermudah kita dalam mencapai gerakan-gerakan yang menuntut kelentukan otot dan sendi.
Berpijak dari urain diatas,penulis berkesimpuulan bahwa pentingnya melakukan tes dan pengukuran kelentukan otot sebagai suatu parameter kemampuan fisik dan parameter kemampuan fisiologis.

B. Pembatasan Masalah
    Mengingat banyaknya masalah yang teridentifikasi dalam upaya peningkatan prestasi olahraga,maka penelitian ini hanya membatasi masalah tentang kelentukan dengan prestasi.

C. Tujuan
    Pembuatan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kelentukan dengan prestasi olahraga.






BAB II
PEMBAHASAN

A.    Kelentukan
Melatih Kelenturan Tubuh – Kelentukan sangat penting dikembangkan mengingat kelentukan adalah salah satu komponen kebugaran jasmani selain daya tahan, kelincahan, kecepatan dan keseimbangan. Fleksibilitas dapat didefinisikan sebagai kemampuan dari sebuah sendi dan otot, serta tali sendi di sekitarnya untuk bergerak dengan leluasa dan nyaman dalam ruang gerak maksimal yang diharapkan. Fleksibilitas optimal memungkinkan sekelompok atau satu sendi untuk bergerak dengan efisien. Kelentukan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan dalam sendi. Selain itu, kelentukan ditentukan juga oleh keelastisan otot-otot tendon dan ligamen.
Kelentukan diperoleh dengan melakukan berbagai latihan peregangan, yang dapat dilakukan di manapun dan dalam posisi apapun. Peregangan dapat dilakukan sambil berdiri maupun duduk, dan berbagai benda dapat digunakan sebagai alat bantu latihan, misalnya tembok, kursi, lemari, dan sebagainya.  Namun, jika anda belum mampu melakukan latihan lengkap, berikut ini berbagai cara kreatif untuk memacu anda melaksanakan latihan:
Pertama, Gunakan tangga sebanyak mungkin dan hindari lift maupun- elevator. Sebagai   variasi, lompati 2 anak tangga sekaligus, atau percepat langkah Anda.
Kedua, berjalanlah sebanyak anda bisa. Banyak cara dapat Anda lakukan,- misalnya dengan memarkir kendaraan agak jauh dari tujuan, dan hindari berbelanja secara drive-through. Jika anda memindahkan barang-barang, jangan lakukan sekaligus sehingga anda perlu berjalan bolak-balik.

Download File Doc Lenngkap

1 comment: