Monday 19 September 2016

makalah budidaya ikan patin



MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
TENTANG BUDIDAYA IKAN PATIN







DISUSUN OLEH







SMA NEGERI 1 MANTUP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "Budidaya Ikan Patin ", yang menurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari sejarah agama islam.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggu perasaan pembaca.
Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

Mantup,   Desember 2014
Penulis


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
KATA PANGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang..................................................................................................... 1
1.2 Tujuan dan Manfaat............................................................................................. 1

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sistematikan dan Morpologi Ikan Patin............................................................... 2
2.2 Sifat-sifat Biologis Ikan Patin.............................................................................. 2
2.3 Persyaratan Teknis Pembenihan........................................................................... 3
2.4 Pembenihan Ikan Patin........................................................................................ 5
2.5 Pembenihan.......................................................................................................... 6
2.6 Pembesaran.......................................................................................................... 7

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 10
3.2 Saran.................................................................................................................... 10

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 11




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang
Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki peluang ekonomi untuk dibudidayakan. Budidaya ikan Patin masih perlu diperluas lagi, karena pemenuhan atas permintaan ikan patin masih sangat kurang. Rasa daging ikan patin yang enak dan gurih konon memiliki rasa yang lebih dibandingkan Ikan Lele. Ikan patin memiliki kandungan minyak dan lemak yang cukup banyak di dalam dagingnya.
Teknik budidaya ikan Patin sebenarnya relatif mudah, sehingga tidak perlu ragu jika berminat menekuni budidaya ikan ini. Pada awalnya pemenuhan kebutuhan ikan Patin hanya mengandalkan penangkapan dari sungai, rawa dan danau sebagai habitat asli ikan patin. Seiring dengan meningkatnya permintaan dan minat masyarakat, ikan Patin mulai dibudidayakan di kolam, keramba maupun bak dari semen. Permintaan ikan Patin yang terus meningkat memberikan peluang usaha bagi setiap orang untuk menekuni usaha di bidang budidaya ikan Patin ini. Dengan permintaan yang demikian meningkat jelas tidak mungkin mengandalkan tangkapan alam, tetapi perlu budidaya ikan Patin secara lebih intesnsif.

1.2.       Tujuan dan Manfaat
1.2.1. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah yang berjudul budidaya ikan Patin adalah untuk memperdalam pengetahuan tentang tekhnik budidaya ikan Patin itu sendiri selain itu juga merupakan wujud tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pelajar untuk melaksanakan tugas dari pembimbing mata kuliah Dasar-Dasar Budidaya Perairan.
1.2.2. Manfaat
Banyak manfaat dari pembuatan makalah ini yang pastinya bisa menambah pengetahuan yang mana sebelumnya belum mengetahuinya khususnya mengenai Tekhnik Budidaya ikan Patin, selain itu juga tentunya dapat melatih diri dalam pembuatan karya tulis ilmiah agar menjadi lebih baik.


AB II
PEMBAHASAN

2.1.        Sistematika dan Morpologi Ikan Patin
Sistematika ikan Patin adalah sebagai berikut (Heru dan Khairul, 1996)
Ordo                :     Ostariophysi
Sub-ordo         :     Siluroidea
Family             :     Pangasidae
Genus              :     Pangasius
Spesies            :     Pangasius pangasius Ham. Buch.
Nama Inggris  :     Catfish
Nama lokal      :     Ikan Patin
Ikan Patin memiliki badan memanjang berwarna putih seperti perak dengan punggung berwarna kebiru-biruan. Panjang tubuhnya bisa mencapai 120 cm, suatu ukuran yang cukup besar untuk ukuran ikan air tawar domestic. Kepala ikan Patin relatif kecil dengan mulut terletak di ujung kepala agak di sebelah bawah. Hal ini merupakan ciri khas golongan Catfish. Pada sudut mulutnya terdapat dua pasang kumis pendek yang berfungsi sebagai peraba. (Heru dan Khairul, 1996)
Sirip punggung memiliki sebuah jari-jari keras yang berubah menjadi patil yang bergerigi dan besar disebelah belakangnya. Sementara itu, jari-jari lunak sirip punggung terdapat enam atau tujuh buah. Pada punggungnya terdapat sirip lemak yang berukuran kecil sekali. Adapun sirip ekornya berbentuk cagak dan bentuknya simetris, ikan Patin tidak memiliki sisik, sirip duburnya panjang, terdiri dari 30-33 jari-jari lunak, sedangkan sirip perutnya memiliki enam jari-jari lunak. Sirip dada memiliki 12-13 jari-jari lunak dan sebuah jari-jari keras yang berubah menjadi senjata yang dikenal sebagai patil. (Heru dan Khairul, 1996).

DOWNLOAD FILE DOC. LENGKAP

No comments:

Post a Comment